Selasa, 03 Februari 2015

Tugas KKPI IV



PROPOSAL PT BIG YOGHURT

1.   Komoditas
PT BIG YOGHURT menjalankan usaha di bidang pengolahan susu fermentasi dengan produk fermentasi yang berupa yoghurt. Yoghurt merupakan hasil fermentasi susu oleh bakteri Lactobacillus bulgaricus yang bentuknya mirip bubur halus atau es krim. Yoghurt adalah salah satu upaya agar susu lebih awet, minuman ini disukai karena rasa segar, tekstur, dan aroma yang khas. PT BIG YOGHURT 3 macam yoghurt yaitu plain yoghurt,flavoured yoghurt dan fruit yoghurt. 

2.  Penanganan Quality Qonrtrol
Penganan Quality Control dilakukann mulai dari melakukan analisis bahan baku (susu sapi segar), bahan baku kemasan (packaging matrial dan raw matrial),  proses penerimaan susu, pengawasan pada saat proses produksi, produk setengah jadidan produk.
Hasil analisis di laboratorium menentukan sampel-sampel yang telah dianalisis sudah memiliki mutu yang baik atau tidak. Penentuan mutu ini nantinya akan menentukan suatu produk sudah siap untuk diluncurkan ke pasaran atau harus dilakukan perlakuan khusus terlebih dahulu. Pengerjaan analisis-analisis tersebut terbagi dua, di laboratorium kimia fisika maupun laboratorium mikrobiologi.

3.  Penanganan Limbah
Ada dua macam penanganan limbah, penanganan untuk limbah padat dan limbah cair. Limbah padat berupa karton, plastik, botol dijual kembali untuk dimanfaatkan lagi untuk didaur ulang.
Pengolahan limbah cair dilakukan secara kimia. Limbah ditampung didalam tangki penampungan sementara kemudian dilakukan pemisahan.. Dari proses pemisahan limbah dihasilkan air  hasil filtrasi dan lumpur. Air tersebut dapat langsung dibuang kesungai dan lumpur yang dihasilkan kemudian diangkut oleh dinas kebersihan.

4.  HRD & Staff Perusahaan
Untuk mengatur segala kegiatan yang ada dengan baik maka perlu adanya struktur organisai yang sesuai dengan visi dan misai perusahaan. Berikut struktur organisasi PT BIG YOGHURT :
1)    Direktur Teknik dan Produksi  : Sarjana Teknik Kimia/ Mesin/ Elektro
2)   Direktur Keuangan Umum        : Sarjana Ekonomi/ FISIP/ Hukum
3)   Staff Ahli                                   : Sarjana Teknik Kimia/ Mesin/ Elektro
4)   Kepala Bagian Produksi            : Sarjana Teknik Kimia
5)   Kepala Bagian Teknik               : Sarjana Teknik Mesin
6)   Kepala bagian Pemasaran         : Sarjana Ekonomi
7)   Kepala Bagian Keuangan         : Sarjana Ekonomi
8)   Kepala Bagian Umum              : Sarjana Hukum/FISIP
9)   Kepala Seksi                             : Sarjana Muda/ DIII
10) Operator dan karyawan biasa  : SMK/ SMU/ Sederajat/ DIII

5.  Produk Hasil Olahan dan Sasaran Konsumen
Produk yang dihasilkan dari susu segar yang difementasikan berupa yoghurt. Ada 3 macam yoghurt yang di hasilkan oleh PT BIG YOGHURT yaitu:
a.     Plain atau natural yoghurt adalah yoghurt natural yang rasanya sangat asam, biasanya digunakan untuk campuran salad. Untuk memberi rasa manis biasanya ditambah gula sebelum dikonsumsi.
b.     Flavoured yoghurt adalah yoghurt dengan flavour sintetis dan pewarna makanan.
c.     Fruit  yoghurt adalah yoghurt yang telah dicampur sari buah atau buah yang dipotong kecil – kecil.
Produk ini tidak hanya dikonsumsi oleh anak-anak tapi semua umur karena produk ini baik bagi tubuh. Penyerapan laktosa yang lebih mudah meningkatkan ketersediaan nutrisi lain, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu penyembuhan setelah infeksi usus, dapat menurunkan infeksi jamur, kaya akan kalsium, sumber protein yang sangat baik dan dapat menurunkan kolesterol.

6.  Sistem Pemasaran
Sistem pemasaran dilakukan untuk mendistribusikan produk kepada konsumen baik secara langsung atau melalui. Produk ini dapat dipesan oleh konsumen baik skala kecil atau besar,sehingga tidak ada batasan pemakai produk ini.
Untuk menemperluas peta pemasaran dan produk lebih dikenal olah masyarakat diadakan promsi dengan berbagai cara seperti  iklan di koran, radio, selebaran,sponsor acara,dll. Selain itu promosi yang dilakukan juga melalui webseit dan jejaring social agar produk lebih mudah diketahui masyarakat secara luas. Yoghurt ini tidak hanya melayani pemesanan khusus tetapi dijual pula secara komersil seperti diwarung,toko-toko,kantin sekolah dll. Ini dilakukan agar produk lebih mudah dijangkau olah para konsumen.

7.  Pola Kerjasama
Dengan berdirinya perusahaan ini,secara langsung terjalin kerjasama dengan masyarakat sekitar. Salah satu bentuk kerjasamanya adalahpeternak sapi. Perusahaan mengambil susu dari para peternak.,Jadi, dengan terjalinnya kerjasama antar perusahaan dan para peternak sapi di daerah Cisarua dan sekitarnya, industri susu segar lokal akan terus bertahan dan berkembang.

8.   Kepedulian ke Lingkungan Sekitar
Seperti tujuan awal berdirinya perusahaan ini selain bertujuan komersil, juga bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat sekitarnya, khususnya para peternak sapi perah. Salah satu contohnya, membeli hasil susu perahan dari peternak sapi perah dengan harga yang lebih tinggi bila dibandingkan harga eceran yang biasa.
Selain itu bukti keperdulian kepada masyarakat sekitar adalah dengan membuka lapangan pekerjaan yaitu hampir sekitar 90% tenaga kerja dari warga sekitar.







                                                                                                     
Upload by : Dea Gavani
Sumber      : https://www.youtube.com/watch?v=ppQyuKhx4N4

0 komentar:

Posting Komentar